REALISASI TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP TERPADU AR-RISALAH CIAMIS

Fitriani, Hilma Nurullina and Prihadi, Prihadi (2020) REALISASI TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP TERPADU AR-RISALAH CIAMIS. S2 thesis, Program Pascasarjana, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan guru dalam interaksi pembelajaran di kelas. Hal ini dikarekanakan tuturan direktif dapat membuat mitra tutur melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penutur. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan penggunaan tindak tutur direktif dalam interaksi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis, (2) strategi, dan (3) faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan tindak tutur direktif guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Terpadu Ar- Risalah. Berdasarkan data yang dianalisis, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru yang mengandung tindak tutur direktif dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Terpadu Ar-Risalah. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik simak berupa Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan padan pragmatik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik tiga simpulan. Pertama, penggunaan jenis tindak tutur direktif menunjukkan jenis perintah lebih banyak digunakan guru daripada jenis permintaan, ajakan, larangan, nasihat, dan kritikan yaitu muncul 104 kali dari 259 tuturan atau sebanyak 40,1% yang tersebar dalam tiga tahapan pembelajaran. Kedua, strategi penggunaan tindak tutur direktif guru yang ditemukan meliputi strategi penyampaian langsung literal, tidak langsung literal, langsung tidak literal, dan tidak langsung tidak literal. Dari keempat strategi tersebut, strategi penyampaian langsung literal paling dominan digunakan guru yaitu muncul 142 atau sebanyak 54,8 % yang tersebar dalam tiga tahapan pembelajaran. Ketiga, faktor yang melatarbelakangi penggunaan tindak tutur direktif guru meliputi penutur dan mitra tutur, konteks tuturan, tujuan tuturan, tuturan sebagai bentuk tindakan: tindak ujar, dan tuturan sebagai produk tindak verbal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pragmatik, tindak tutur, direktif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hilma Nurullina Fitriani 18715251018
Date Deposited: 24 Dec 2021 11:51
Last Modified: 24 Dec 2021 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71572

Actions (login required)

View Item View Item