Analisis Faktor-Faktor Implementasi E-Learning Menggunakan Pendekatan Human Organization Technology Fit Models (Studi Kasus: Be-Smart UNY)”.

Alfina, Alfina and Irfan, Rahmatul (2020) Analisis Faktor-Faktor Implementasi E-Learning Menggunakan Pendekatan Human Organization Technology Fit Models (Studi Kasus: Be-Smart UNY)”. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan faktor-faktor implementasi dengan menggunakan Human Organizatization Technology (HOT) fit model, yang meliputi delapan indikator: (1) penggunaan sistem, (2) kepuasan pengguna, (3) struktur, (4) lingkungan, (5) kualitas sistem, (6) kualitas informasi, (7) kualitas layanan dan (8) net benefit. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods yaitu sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa UNY yang aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampelnya adalah 100 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menggunakan software SPSS versi 2.1, Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Kualitas sistem (thitung 3,375 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap penggunaan sistem; kualitas sistem (thitung 3,444 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna; kualitas informasi (thitung 6,422 > ttabel 1,661) berpengaruh yang signifikan terhadap penggunaan sistem; kualitas informasi (thitung 0,532 < ttabel 1,661), tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna; kualitas layanan (thitung 31,520 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap penggunaan sistem; kualitas layanan (thitung 1,844 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna; kepuasan pengguna (thitung 1,608 < ttabel 1,661), tidak berpengaruh yang signifikan terhadap penggunaan sistem; penggunaan sistem (thitung 0,276 < ttabel 1,661), tidak berpengaruh yang signifikan terhadap net benefit; kepuasan pengguna (thitung 1,748 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap net benefit; struktur organisasi (thitung 1,009 < ttabel 1,661), tidak berpengaruh yang signifikan terhadap lingkungan organisasi; struktur organisasi (thitung 1,143 < ttabel 1,661), tidak berpengaruh yang signifikan terhadap net benefit; lingkungan organisasi (thitung 79,736 > ttabel 1,661), berpengaruh yang signifikan terhadap net benefit. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa berapapun besar pengaruh dari setiap indikator penilaian, jika tidak adanya pelatihan rutin kepada dosen mengenai cara menggunakan dan memanfaatkan dalam pembelajaran, tidak akan berpengaruh terhadap pengguna khususnya mahasiswa dan dosen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis implementasi, e-learning Be-Smart, HOT-Fit Model.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:18
Last Modified: 21 Oct 2020 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69391

Actions (login required)

View Item View Item