Yuliandri, Jefri and Machfauzia, Ayu Niza (2019) Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Kesenian Randai Sutan BudimanDi Sanggar Seni dan Budaya Pinang Sinawa Tuah SakatoKambang Pesisir Selatan Sumatera Barat. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (989kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendekripsikan: 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kesenian Randai Sutan Budiman; 2) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter kesenian Randai Sutan Budimandi sanggar seni dan budaya Pinang Sinawa Tuah SakatoKambang Pesisir Selatan Sumatera Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi etnografi yang diperkuat dengan menggunakan pisau analisis hermeneutikaPaul Ricoeur. Penelitian ini dilakukan di lingkungan masyarakat Kambang Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah pelatihkesenian Randai Sutan Budiman, tetua kesenian Randai, pemuka adat Nagari Kambang,dan Anak Randaidi sanggar seni dan budaya Pinang Sinawa Tuah Sakato. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dengan teknik observasi di masyarakat Kambang, dan wawancara kepada seniman kesenian Randai Sutan Budiman, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen dan referensi yang berkaitan dengan kesenian Randai Sutan Budimanlainnya di Kambang Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Kesenian Randai Sutan Budimandi sanggar seni dan budaya Pinang Sinawa Tuah Sakatomengandung nilai-nilai pendidikan karakter tentang sikap religius, sopan santun, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, tanggung jawab, dan nilai sikap jalan atau kato nan ampek; 2)Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kesenian Randai Sutan Budimandi sanggar seni dan budaya Pinang Sinawa Tuah Sakatomemiliki empat tahapan. Pertama pengenalan kesenian Randai Sutan Budiman, kedua mempraktikkan permainan kesenian Randai Sutan Budimansecara bersama, ketiga mengartikan lirik atau dialog naskah kesenian Randai Sutan Budiman, dan keempat menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kesenian Randai Sutan Budiman. Hasil implementasi menunjukkan bahwa Anak Randaitelah mencerminkan sikap religius, sopan santun, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, tanggung jawab, dan nilai sikap jalan atau kato nan ampek. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan sikap Anak Randaiyang menjadilebih baikdari sebelum adanya kegiatan berkesenian Randai Sutan Budimandan telah mencerminkan tiga belas nilai pendidikan karakter yang ditemukan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Randai Sutan Budiman; nilai-nilai pendidikan; pendidikan karakter;inplementasi |
Subjects: | Seni dan Budaya > Arts in general |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 03:08 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 03:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69341 |
Actions (login required)
View Item |