Pengembangan Media Mobile Learning IPA Berbasis Kearifan Lokal Pembuatan Kain Sasirangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Menfasilitasi Literasi TIK Peserta Didik SMP.

Amrita, Putri Diana and Kuswanto, Heru (2019) Pengembangan Media Mobile Learning IPA Berbasis Kearifan Lokal Pembuatan Kain Sasirangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Menfasilitasi Literasi TIK Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media Mobile Learning IPA berbasis kearifan lokal pembuatan kain sasirangan (MLI Sasirangan App) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan menfasilitasi literasi TIK peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, develop dan disseminate. Sampel penelitian adalah 30 peserta didik kelas VII G sebagai kelas kontrol dan 25 peserta didik kelas VII I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan MLI Sasirangan App. Pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Desain penelitian untuk menentukan keefektifan penggunaan media untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu menggunakan pretest-posttest control group design sedangkan keterfasilitasan literasi TIK hanya diamati pada kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan kepraktisan produk, tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi, angket literasi TIK, dan angket respon penggunaan MLI Sasirangan App. Data keterampilan berpikir kritis berupa gain score dianalisis menggunakan independent sample t-test dan data keterfasilitasan literasi TIK berupa nilai persentase keterlaksanan tugas dan respon pembelajaran online yang dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile learning IPA yang dikembangkan layak dan termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli serta praktis digunakan dalam pembelajaran IPA menurut guru IPA dan peserta didik. MLI Sasirangan App yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan dapat menfasilitasi literasi TIK peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, kearifan lokal, literasi TIK, mobile learning IPA, sasirangan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:38
Last Modified: 06 Oct 2020 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69182

Actions (login required)

View Item View Item