Setiawan, Joko Ansari and Suparno, Suparno (2019) Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini 5-6 Tahun di kota Bima. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Peranan perhatian orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini; (2) mengatahui peranan kasih sayang orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini; (3) mengetahui peranan rasan aman dalam pendidikan karakter anak usia dini; (4) mengetahui peranan perhatian orang tua, kasih sayang orang tua dan rasa aman dalam pendidikan karakter anak usia dini 5-6. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian ex-post facto dan data dianalisis dengan analisis regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak di Taman Kanak-kanak kota Bima. Sampel dari populasi yang diambil sebanyak 2 kecamatan yaitu kecamatan Rasa Nae Barat dan kecamata Punda yang terdiri dari 157 Perhatian Orang Tua, 157 Kasih Sayang Orang Tua, dan 157 Rasa Aman Anak. Data diperoleh melalui angket dan observasi di lapangan, artinya angket digunakan untuk mengukur peranan orang tua perhatian, kasih sayang dan rasa aman anak sedangkan observasi digunakan untuk mengukur pendidikan karakter anak usia dini. pengukuran diperoleh melalui skor penilaian dari angket dan observasi di peroleh melalui hasil pengamatan. Kemudian data dianalisis dengan teknik tertentu yakni: (1) Statistik Deskriptif dan (2) Statistik Inferensial dengan analisis regresi ganda. Hasil analisis deskriptif membuktikan bahwa peranan perhatian orang tua, kasih sayang orang tua dan rasa aman anak di kecamatan Rasa Nae Barat dan kecamata Punda berada dalam kategori sangat baik. Dan juga pendidikan karakter anak usia dini dalam kategori sangat baik. Jadi hasil analisis peranan perhatian orang tua yang signifikan sebesar 0,570 terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Peranan kasih sayang orang tua berpengaruh signifikan dalam pendidikan karakter anak sebesar 0,572. Sedangkan analissi rasa aman anak sebesar 0,453. Uji regresi ganda menunjukan bahwa ada pengaruh yang sangat sebesar 30,618 antara peranan perhatian orang tua, kasih sayang dan rasa aman dalam pendidikan karakter anak usia dini. Hasil ini membuktikan bahwa peranan perhatian orang tua, kasih sayang dan rasa aman berpengaruh secara langsung terhadap pendidikan karakter anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orang Tua dan Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 01:26 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 01:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68209 |
Actions (login required)
View Item |