Efektivitas Permainan Tradisional Jamuran terhadap Motorik Kasar dan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak.

Putri, Ridha Fadila and Dimyati, Dimyati (2019) Efektivitas Permainan Tradisional Jamuran terhadap Motorik Kasar dan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan permainan tradisional jamuran terhadap: (1) motorik kasar, (2 sikap tanggung jawab, dan (3) perkembangan motorik kasar dan sikap tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Validasi instrumen dilakukan oleh para ahli kompeten dan uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 anak di taman kanak- kanak yang berbeda. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan penelitian dilaksanakan di dua TK yaitu TK Nasional Samirono dan TK Masjid Kampus UGM yang berjumlah 60 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji multivariate. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat keefektivan permainan tradisional jamuran terhadap motorik kasar anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak. (2) Terdapat keefektivan permainan tradisional jamuran terhadap sikap tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak. (3) Keefektivan permainan tradisional jamuran terhadap motorik kasar dan sikap tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional jamuran efektif terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan tradisonal jamuran, motorik kasar, sikap tanggung jawab.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2020 13:22
Last Modified: 01 Apr 2020 13:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68017

Actions (login required)

View Item View Item