HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KETERAMPILAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN MAN 2 WATES

Lailinajiyah, Lailinajiyah (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KETERAMPILAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN MAN 2 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates, (2) prestasi belajar siswa keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates, (3) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates dan (4) pengaruh motivasi belajar terhadaap prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi pada 72 siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates pada bulan Januari – April 2018. Uji instrumen pada penelitian ini dilakukan pada 30 siswa dengan jumlah item instrumen 33 soal. Hasil uji validasi terdapat 8 item instrumen yang tidak valid dan 25 item instrumen valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,835 dan termasuk dalam kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi sederhana. Hasil penlitian menunjukkan bahwa (1) tingkat motivasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates termasuk kategori sedang (54,16%); (2) prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates optimal (81,94%); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates dengan rhitung sebesar 0,76 lebih besar dari nilai rtabel sebesar 0,235 (0,76>0,235). Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates. dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates dengan koefisien determinasi sebesar 31,7% dan nilai signifikan thitung 3,705 > ttabel 1,933.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Prestasi belajar, Keterampilan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian MAN 2 Wates
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:36
Last Modified: 26 Feb 2020 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67699

Actions (login required)

View Item View Item