Pengembangan Trainer Kit dan Job Sheet Pengukuran Denyut Jantung menggunakan Pendekatan Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran Praktik Elektronika Medis.

Anugrah, Dena and Waluyanti, Sri (2019) Pengembangan Trainer Kit dan Job Sheet Pengukuran Denyut Jantung menggunakan Pendekatan Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran Praktik Elektronika Medis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Praktik Elektronika Medis masih belum maksimal karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan untuk kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan trainer kit pengukur denyut jantung sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Medis, menghasilkan job sheet menggunakan langkah-langkah pendekatan Problem Based Learning sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Medis, mengetahui unjuk kerja trainer kit pengukur denyut jantung, serta mengetahui kelayakan trainer kit dan job sheet. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Alessi & Trollip yang terdiri dari tiga tahap, yaitu planning, design, dan development. Desain uji coba menggunakan alpa testing dan beta testing. Subjek uji coba dilakukan secara terbatas kepada empat orang mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika (D3) Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, analisis dokumen, lembar observasi, dan angket penilaian kelayakan produk media pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan trainer kit pengukur denyut jantung dengan tiga metode pengukuran, yaitu Palpasi, Photoplethysmography (PPG), dan Electrocardiography (ECG); (2) telah dihasilkan job sheet Praktik Elektronika Medis yang dikembangkan menggunakan langkah-langkah pendekatan Problem Based Learning; (3) unjuk kerja trainer kit pengukur denyut jantung memiliki error rate sebesar 0% untuk metode Palpasi, error rate sebesar 0,40% untuk metode Photoplethysmography (PPG), dan pola gelombang grafik ECG yang cukup jelas untuk metode Electrocardiography (ECG); dan (4) secara umum trainer kit dan job sheet termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 3,57 dari ahli media, skor rata-rata 3,46 dari ahli materi, dan skor rata-rata 3,10 dari mahasiswa. Trainer kit dan job sheet sudah teruji kelayakannya sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Medis Program Studi Teknik Elektronika (D3) Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: trainer kit, job sheet, pengukuran denyut jantung, problem based learning, media pembelajaran, praktik elektronika medis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:07
Last Modified: 21 Feb 2020 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67635

Actions (login required)

View Item View Item