Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn untuk penguatan kesadaran politik siswa di SMA Islam terpadu Abu Bakar Yogyakarta.

Rahman, Amika and Suharno, Suharno (2019) Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn untuk penguatan kesadaran politik siswa di SMA Islam terpadu Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn untuk penguatan kesadaran politik siswa di SMA Islam terpadu Abu Bakar Yogyakarta. 2) Kesadaran politik siswa setelah mendapatkan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn di SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. 3) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn untuk penguatan kesadaran politik siswa di SMA Islam terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran PKn, siswa dan siswi SMA Islam terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Data diambil dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menghasilkan simpulan. 1) Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn sebagai berikut. a) Tahap perencanaan, yaitu mempersiapkan silabus, RPP, program harian, program semesteran, program tahunan, dan materi yaitu budaya politik, dan sistem pemerintahan. b) Tahapan pelaksanaan, yaitu menggunakan metode ceramah, diskusi, presentasi, bermain peran (role playing), debat, dan penugasan. Adapun media yang digunakan yaitu whiteboard, buku pegangan guru dan siswa, LCD proyektor, laptop, video, slide power point, komputer, majalah, artikel, koran. c) Penilaian Hasil Pembelajaran, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) Kesadaran politik siswa setelah mendapatkan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn sudah mendapatkan penguatan secara baik. Dibuktikan dengan nilai UH, UTS dan UAS siswa rata-rata sudah memenuhi KKM (77), siswa aktif pada saat diskusi dan presentasi, siswa mampu memahami, melaksanakan, membuat yang ditugaskan dan mampu meniru yang dicontohkan oleh guru. 3) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn sebagai berikut. a) waktu yang terbatas, b) masih ada siswa yang apatis, c) kurang dukungan orang tua, d) kurangnya buku bacaan tentang politik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Politik, Pembelajaran PKn, Kesadaran Politik.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:06
Last Modified: 21 Feb 2020 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67622

Actions (login required)

View Item View Item