PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK MATERI PERSONAL HIGIENE PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN UNTUK SISWA KELAS X SMK

Qisthi, Lutfhi Mar'atil (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK MATERI PERSONAL HIGIENE PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN UNTUK SISWA KELAS X SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I .pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II .pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran media flipbook dengan materi Personal Higiene, (2) mengetahui kelayakan dari media flipbook dengan materi Personal Higiene berdasarkan ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development R&D dengan model pengembangan 4D models (Define, Design, Develop, dan Dessiminate) dengan tujuan menghasilkan produk baru melalui proses pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Boga 2 semester ganjil tahun akademik 2018/2019 sebanyak 35 siswa. Siswa diberikan media untuk mengetahui kelayakan media tersebut apabila digunakan dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pengembangan pada tahap define mengkaji kurikulum, mengidentifikasi materi yang dibutuhkan. Tahap design yaitu merancang produk media flipbook. Tahap develop yaitu dengan menguji coba kelayakan media flipbook pada ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik. Tahap disseminate dilakukan dengan cara mengirimkan media flipbook melalui laptop, (2) hasil kelayakan menurut ahli materi dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase skor 86,5%, kelayakan menurut ahli media dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase skor 96,70%, kelayakan menurut guru dikategorikan layak dengan rata-rata skor 84,20% dan menurut 35 peserta didik kelas X dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase skor 86,60%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Flipbook, Keamanan Pangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Feb 2020 06:52
Last Modified: 20 Feb 2020 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67618

Actions (login required)

View Item View Item