Pengembangan Media Smart Bon Berbasis Pendekatan Perilaku untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Disabilitas Intelektual Ringan.

Zudeta, Effran and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2019) Pengembangan Media Smart Bon Berbasis Pendekatan Perilaku untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Disabilitas Intelektual Ringan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media smart bon berbasis pendekatan perilaku untuk meningkatkan kemampuan menyimak disabilitas intelektual ringan yang layak dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Subjek penelitian adalah tiga disabilitas intelektual ringan yang memiliki kesulitan dalam menyimak cerita di Sekolah Dasar Negeri 1 Padang. Kelayakan produk media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba lapangan awal untuk kelayakan produk melibatkan lima guru dari dua sekolah, sedangkan pada uji coba lapangan utama dengan melibatkan 18 guru dari delapan sekolah. Uji efektifitas dilakukan dengan mengukur perbedaan skor pre-test dan post-test subjek setelah menggunakan media smart bon berbasis pendekatan perilaku. Pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, angket dan observasi. Analisis data dilakukan adalah deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) produk dikembangkan menghasilkan media smar bon berbasis pendekatan perilaku yang membantu peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak. Media smart bon merupakan media yang terdiri dari boneka, speaker bluetooth mini dan smarphone yang telah di instalaplikasiperubahsuarauntukmerekammaterimenyimak. Kelayakanmedia smart bon berdasarkan penilaian ahli materi berada pada kategori baik dengan skor penilaian 3,98 dan penilaian ahli media berada pada kategori “sangat baik” dengan skor penilaian 4,57, penilaian guru pada uji coba lapangan tahap awal terhadap kelayakan media berada pada kategori “baik” dengan skor 3,97 dan penilaian guru pada uji coba lapangan utama berada pada kategori “sangat baik” dengan skor 4,28. (2) keefektifan produk berdasarkan analisis perbedaan skor pre test dan post test yakni untuk pre test (34,62%) dan post test (78,85%), peningkatan skor post-test setelah menggunakan produk sebesar 44.23%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media smart bon, keterampilan menyimak, disabilitas intelektual ringan, pendekatan perilaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:45
Last Modified: 18 Feb 2020 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67586

Actions (login required)

View Item View Item