Wisaptriseli, Rosarina and Kusnadi, Kusnadi (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Tari Bedana untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Teori Elaborasi. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Bab I.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran tari Bedana berbasis teori elaborasi yang layak dipergunakan siswa sekolah menengah pertama (SMP) serta mengungkapkan keefektifan produk diimplementasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Allesi & Trolip yang meliputi perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Berbah. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, guru seni budaya dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan wawancara. Uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest subjek setelah menggunakan produk multimedia pembelajaran interaktif. Analisis data menggunakan uji t berkorelasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil produk pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan beberapa software yakni Adobeflash Professional CS6 dan untuk proses editing menggunakan Adobe Photoshop CS6 & Audacity. Teori elaborasi digunakan untuk menata konten agar lebih dipahami, selanjutnya multimedia di kemas dalam bentuk CD. (2) Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru seni budaya dan siswa menyatakan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dengan skor rata- rata 95,75; 96,5; 99; dan 90,5. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis teori elaborasi yang dikembangkan tersebut layak digunakan dalam pembelajaran siswa sekolah menengah pertama. (3) Hasil pengujian efektivitas multimedia pembelajaran melalui pembandingan skor pretest dan posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk multimedia pembelajaran tari Bedana baik dari aspek kognitif (t= -9,160 ; sig 0,000) maupun aspek psikomotorik (t =18,544; sig 0,000).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, tari Bedana, teori elaborasi |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Tari |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:36 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 03:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67455 |
Actions (login required)
View Item |