PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PLT JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Praseptiyono, Beny Rizki (2020) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PLT JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar mahasiswa PLT Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan di SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan teknik bangunan SMK N 1 Magelang sebanyak 191 orang. Sampel diambil sebanyak 130 orang dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan sampel di lapangan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Analisis data menggunakan statistik deksriptif dan pengkategorian berdasarkan mean ideal dan standar deviasi ideal yang diperoleh. Data disajikan.dalam bentuk tabel dan pie chart. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PLT dalam kategori baik dengan 60% siswa menyatakan baik. Persepsi siswa mengenai tiap sub variabel keterampilan mengajar yaitu: (1) keterampilan membuka pelajaran masuk kategori sangat baik dengan persentase 50,77% (2) keterampilan menjelaskan masuk kategori sangat baik dengan persentase 51,54% (3) keterampilan memberikan penguatan masuk kategori baik dengan persentase 53,85% (4) keterampilan menggunakan media dan alat pembelajaran masuk kategori sangat baik dengan persentase 51,54% (5) keterampilan menyusun skenario pembelajaran masuk kategori baik dengan persentase 52,31% (6) keterampilan mengadakan variasi masuk kategori sangat baik dengan persentase 50,77% (7) keterampilan membimbing diskusi masuk kategori baik dengan persentase 52,31% (8) keterampilan mengelola kelas masuk kategori baik dengan persentase 50% (9) keterampilan bertanya masuk kategori baik dengan persentase 51,54% (10) keterampilan mengevaluasi masuk kategori baik dengan persentase 51,54% (11) keterampilan menutup pelajaran masuk kategori sangat baik dengan persentase 48,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Keterampilan Mengajar, PLT
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:31
Last Modified: 11 Feb 2020 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67450

Actions (login required)

View Item View Item