PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG II BERBASIS ADOBE FLASH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Aditya, Christian (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG II BERBASIS ADOBE FLASH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengembangkan media pembelajaran elektronika analog II menggunakan software Adobe Flash Professional CS6; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran pada materi Elektronika Analog II menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop and dissemination). Subjek penelitian ini adalah 25 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika angkatan Tahun 2015 dan 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Analisis data awal dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif ke dalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran elektronika analog II yang dihasilkan berupa sebuah aplikasi elektronika analog II (2) Desain media pembelajaran elektronika analog II berbentuk software dengan format file extension *exe. dan *swf. (3) Hasil uji unjuk kinerja sudah berfungsi dengan sangat baik pada setiap halaman dan dapat digunakan dengan sangat baik pada komputer dengan sistem operasi Windows 2007 dan 2010 (4) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 84,92% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 84,37% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil uji coba pengguna (mahasiswa) diperoleh persentase sebesar 86,68% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran elektronika analog II yang dikembangkan sudah dapat digunakan dalam pembelajaran elektronika analog II di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Elektronika Analog II, Adobe Flash
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:08
Last Modified: 07 Feb 2020 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67435

Actions (login required)

View Item View Item