HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA BIDANG TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL DENGAN HASIL PELATIHAN ECOPRINT DAUN JATI BAGI IBU-IBU DI DUSUN NGLANGGERAN KULON GUNUNG KIDUL

Laili, Muthmainnah Nur (2020) HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA BIDANG TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL DENGAN HASIL PELATIHAN ECOPRINT DAUN JATI BAGI IBU-IBU DI DUSUN NGLANGGERAN KULON GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui minat berwirausaha bidang tekstil dan produk tekstil ibu-ibu di Dusun Nglanggeran Kulon; (2)mengetahui hasil pelatihan ecoprint daun jati di Dusun Nglanggeran Kulon; (3)mengetahui bagaimana hubungan minat berwirausaha bidang tekstil dan produk tekstil ibu-ibu di Dusun Nglanggeran Kulon dengan hasil pelatihan ecoprint daun jati. Penelitian ini merupakan penilitian korelasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu di Dusun Nglanggeran Kulon Gunung Kidul yang berjumlah 65 orang.Teknik pegambilan sampel menggunakan Simple Random Samplingyang diambil secara acak yaitu sebanyak 31 orang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket.Validitas instrumen angket dilakukan dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat berwirausaha ibu-ibu di Dusun Nglanggeran Kulon terrgolong tinggi dengan skor mean 89,41 dan modus 88,0. Secara keseluruhan minat berwirausaha bidang busana dengan kategori sangat tinggi sebesar 10%, tinggi 61%, rendah 19% dan sangat rendah 10%; (2) hasil pelatihan ecoprint daun jati termasuk dalam kategori cukup baik dengan skor mean 86,58 dan modus 92; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan minat berwirausaha bidang tekstil dan produk tekstil ibu-ibu di Dusun Nglanggeran Kulon dengan hasil pelatihan ecoprint daun jati. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi antara variabel (X) dan (Y) sebesar 0,620 yang menunjukkan tingkat korelasi dalam kategori kuat. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,384 yang artinya 38,4% variabel minat berwirausaha (X) turut berkontribusi terhadap variabel hasil pelatihan ecoprint daun jati (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Hasil Pelatihan, Ecoprint Daun Jati
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:53
Last Modified: 05 Feb 2020 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67411

Actions (login required)

View Item View Item