Jauhari, Ahmad Laili (2020) TRAINER MIKROKONTROLER BERBASIS ATMEGA16 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (990kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (40MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengetahui bagaimana rancang bangun media pembelajaran trainer mikrokontroler pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol terprogram di SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer mikrokontroler pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK Muhammadiyah Prambanan ditinjau dari ahli media, ahli materi dan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&B (research and development) dengan menggunakan konsep ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Objek penelitian adalah Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroler pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala 4 yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan trainer. Validasi instrument dilakukan oleh expert judgment. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistic deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) media pembelajaran trainer mikrokontroler dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan desain perancangan hardware maupun software. Setiap board pada media pembelajaran trainer mikrokontroler dinyatakan selesai dan dapat berfungsi dengan baik. (2) tingkat kelayakan media pembelajaran trainer mikrokontroler ditinjau dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 82% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media mendapatkan persentase sebesar 83% dengan kategori “Sangat Layak” dan ditinjau dari siswa mendapatkan persentase sebesar 73% dengan kategori “Layak”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, ADDIE, Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroler |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 02:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 02:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67340 |
Actions (login required)
View Item |