Pengembangan Sistem Monitoring Kondisi Lampu, Suhu, dan Kelembapan Berbasis IoT Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta

Rahman, Utsman Abdurr (2020) Pengembangan Sistem Monitoring Kondisi Lampu, Suhu, dan Kelembapan Berbasis IoT Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler, (2) unjuk kerja sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman mikroprosesor, (3) tingkat kelayakan dari sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE menurut Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video, SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner atau angket dengan skala Likert 4 pilihan. Berdasarkan dari penelitian diperoleh (1) proses pengembangan media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT, yaitu: (a) mengidentifikasi permasalahan, (b) mengidentifikasi komponen media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT yaitu NodeMCU V3 sebagai kontroler, sensor DHT11 sebagai sensor, serta merancang desain media pembelajaran, (c) merakit media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT, membuat panduan pengoperasian dan jobsheet, melakukan unjuk kerja, serta melakukan uji kelayakan, (2) unjuk kerja media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT yaitu dapat melakukan monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan yang ditampilkan pada aplikasi Blynk di smartphone, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT ditinjau dari segi media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 85,79%, dari segi materi diperoleh persentase 93,75% yang berarti masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Uji pengguna diperoleh persentase 84,20% yang berarti masuk dalam kategori “Layak”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran sistem monitoring kondisi lampu, suhu, dan kelembapan berbasis IoT layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, IoT, NodeMCU V3
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:59
Last Modified: 28 Jan 2020 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67278

Actions (login required)

View Item View Item