PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PENAMPIL DATA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR DI SMK KRISTEN 1 KLATEN

Handoko, Gayuh Tri (2020) PENGEMBANGAN TRAINER SENSOR DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PENAMPIL DATA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR DI SMK KRISTEN 1 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran sensor untuk mata pelajaran Sensor dan Aktuator kelas XI Teknik Keahlian Otomasi Industri di SMK Kristen 1 Klaten; (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran sensor untuk mata pelajaran Sensor dan Aktuator kelas XI Teknik Keahlian Otomasi Industri di SMK Kristen 1 Klaten; (3) tingkat kelayakan media pembelajaran sensor pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator kelas XI Teknik Keahlian Otomasi Industri di SMK Kristen 1 Klaten Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Kristen 1 Klaten dengan subyek penelitian siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, kelompok terbatas dan respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala Likert empat pilihan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) telah dihasilkan media pembelajaran sensor pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator di SMK Kristen 1 Klaten, (2) unjuk kerja media pembelajaran sensor mendapatkan hasil yang baik; (3) hasil penilaian ahli materi medapatkan rerata skor 65,5 dengan persentase sebesar 81,87% dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli media mendapatkan rerata skor 73,5 dengan persentase sebesar 83,5% dalam kategori “Sangat Layak”, respon siswa mendapatkan rerata skor 77,87 dengan persentase sebesar 81,1% dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Trainer, Sensor, Penampil Data, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2020 06:27
Last Modified: 21 Jan 2020 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67183

Actions (login required)

View Item View Item