SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELSITRIKAN SEPEDA MOTOR SISWA SMK COKROAMINOTO WANADADI

Ikhsan, Izzatul (2020) SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELSITRIKAN SEPEDA MOTOR SISWA SMK COKROAMINOTO WANADADI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XIIB TBSM pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor di SMK Cokroaminoto Wanadadi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIIB TBSM di SMK Cokroaminoto Wanadadi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah sebanyak 29 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Objek yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Penggumpulan data keaktifan siswa dilakukan dengan menggunakan instumen lembar observasi keaktifan siswa, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan instrumen tes hasil belajar yang berupa soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan persentase data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XIIB TBSM pada mata pelajaran PKSM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, siklus I adalah sebesar 44,64%, pada siklus II meningkat 14,73% menjadi 59,37%, dan siklus III meningkat 7,14% menjadi 66,51%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIIB TBSM pada mata pelajaran PKSM. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 32,14%, pada siklus II meningkat 28,57% menjadi 60,71%, dan siklus III meningkat 18,6% menjadi 79,31%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, keaktifan siswa, hasil belajar siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:17
Last Modified: 21 Jan 2020 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67181

Actions (login required)

View Item View Item