Prasetya, Wisnu Adi (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PROYEKSI PIKTORIAL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran proyeksi piktorial; (2) mengetahui kelayakan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Gambar Teknik Mesin materi proyeksi piktorial Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari model pengembangan ini ada 5, yaitu : (1) Analysis (analisis); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) Implementation (implementasi); (5) Evaluation (evaluasi). Namun karena keterbatasan waktu dibatasi hanya sampai dengan tahap Implementation (implementasi). Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi literatur. Tahap design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk multimedia interaktif, validasi ahli materi dan ahli media. Tahap implementation dilakukan dua siklus yaitu uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase dalam kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran gambar teknik untuk siswa kelas X TFLM. Hasil penilaian ahli materi pada aspek kualitas materi mendapatkan persentase 86,25% dengan kategori “sangat layak” dan aspek kemanfaatan materi mendapatkan persentase 75% dengan kategori “layak”. Hasil penilaian ahli media pada aspek rancangan program mendapat persentase 90% dengan kategori “sangat layak” dan aspek desain multimedia mendapat persentase 86,9% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik mendapat persentase 80,33% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian multimedia pembelajaran proyeksi pada mata pelajaran gambar teknik layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X SMK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Research and Development, Multimedia Interaktif |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 02:55 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |