PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PROYEKSI PIKTORIAL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK

Prasetya, Wisnu Adi (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PROYEKSI PIKTORIAL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran proyeksi piktorial; (2) mengetahui kelayakan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Gambar Teknik Mesin materi proyeksi piktorial Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari model pengembangan ini ada 5, yaitu : (1) Analysis (analisis); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) Implementation (implementasi); (5) Evaluation (evaluasi). Namun karena keterbatasan waktu dibatasi hanya sampai dengan tahap Implementation (implementasi). Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi literatur. Tahap design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk multimedia interaktif, validasi ahli materi dan ahli media. Tahap implementation dilakukan dua siklus yaitu uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase dalam kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran gambar teknik untuk siswa kelas X TFLM. Hasil penilaian ahli materi pada aspek kualitas materi mendapatkan persentase 86,25% dengan kategori “sangat layak” dan aspek kemanfaatan materi mendapatkan persentase 75% dengan kategori “layak”. Hasil penilaian ahli media pada aspek rancangan program mendapat persentase 90% dengan kategori “sangat layak” dan aspek desain multimedia mendapat persentase 86,9% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik mendapat persentase 80,33% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian multimedia pembelajaran proyeksi pada mata pelajaran gambar teknik layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Research and Development, Multimedia Interaktif
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:55
Last Modified: 17 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67153

Actions (login required)

View Item View Item