PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 PATI

Megarani, Dewinta (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 PATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER TAS.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-dikonversi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1 )mendeskripikan hasil pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa Tata Busana kelas X di SMKN 3 Pati. (2) menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa kelas X Tata Busana di SMKN 3 Pati. (3) mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa Kelas X Tata Busana di SMKN 3 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian menggunakan tipe Nonequivalent (pretest and posttest) Kontrol-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pati. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling berupa simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan metode observasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik prosentage of agreement. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa Kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Pati. Hasil pretest kelas eksperimen sebanyak 1 siswa (3%) Tuntas dan kelas kontrol sebanyak 4 siswa (11%) Tuntas. Hasil posttest siswa kelas eksperiman sebanyak 29 siswa (83%) Tuntas dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa (57%) Tuntas. (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Pati. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis nilai thitung lebih kecil dari -ttabel (-3.714 < -1.996) dan signifikansi 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) media pembelajaran video tutorial efektif diterapkan dalam pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille. Hal ini dibuktikan dengan jumlah prosentase ketuntasan pencapaian kompetensi pada kelas eksperimen lebih dari 80%, yaitu 83%. Diperkuat dengan hasil rerata kelas eksperimen yaitu 80.74 lebih tnggi dibanding kelas kontrol 69.79, semakin tinggi rerata siswa menunjukan semakin efektif media yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Tutorial, Pencapaian Kompetensi, Passepoille
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:14
Last Modified: 13 Jan 2020 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67093

Actions (login required)

View Item View Item