Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Sumber Belajar Berbasis Media Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun.

Andiana, Sri and Fauziah, Puji Yanti (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Sumber Belajar Berbasis Media Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui materi yang dibutuhkan dalam pengembangan model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun; (2) menghasilkan model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam yang sesuai untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun; dan (3) menguji keefektifan dari model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R & D) yang mengacu pada 10 langkah model penelitian pengembangan Borg and Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun se-Kabupaten Sleman yang terdiri dari 14 subjek uji coba lapangan awal/terbatas, 30 subjek uji coba lapangan utama/diperluas, dan 84 subjek uji coba lapangan opersional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan desain equivalent time series design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, lembar penilaian validasi ahli, lembar penilaian respon guru, dan pedoman observasi kreativitas anak. Kelayakan dari model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji One Way ANOVA taraf signifikansi 0.05. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa: (1) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dinyatakan sebagai sebuah model pembelajaran berdasarkan materi kebutuhan yakni sintaks, social system, support system, dan peran guru; (2) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dinyatakan layak dan sesuai digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan respon guru dengan kategori sangat baik; (3) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis berbasis media bahan alam dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun se-Kabupaten Sleman berdasarkan analisis hasil uji statistik One Way ANOVA (taraf sig. < 0.05) yang memperoleh nilai sig. 0.00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam, kreativitas.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:25
Last Modified: 11 Dec 2019 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66865

Actions (login required)

View Item View Item