Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning ) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun.

Farida, Niken and Harun, Harun (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning ) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran sains berbasis proyek (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran sains berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (1) Analisis (Analyze) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluate). Uji kelayakan produk dilakukan oleh tiga validator yaitu validator materi, validator intrumen, dan validator media. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 130 anak kelompok B yaitu anak yang berusia 5-6 tahun di kabupaten Sleman, dengan pembagian 42 anak menjadi subjek uji coba skala kecil dan 88 anak menjadi subjek uji coba skala besar. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penilitian ini menggunakan teknik wawancara, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru, pedoman observasi respon anak dan pedoman observasi keterampilan proses sains. kelayakan dari model pembelajaran sains berbasis proyek dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam empat katagori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran sains berbasis proyek dianalisis dengan menggunakan one way ANOVA. Hasil penelitian ini berupa: (1) model pembelajaran sains berbasis proyek yang telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli intrumen, ahli media, respon guru dan respon anak dengan katagori “baik” (2) Model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Sleman. Hasil uji one way ANOVA mendapatkan nilai sig. 0,00 menunjukkan terdapat perbedaan peringkat rerata pada model pembelajaran sains berbasis proyek sehingga model pembelajaran sains berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Projek based learning, keterampilan proses sains, perkembangan kognitif.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2019 02:30
Last Modified: 11 Dec 2019 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66861

Actions (login required)

View Item View Item