PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DLE DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Aji, Kurda Permana (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DLE DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ibertujuan iuntuk imeningkatkan ihasil ibelajar isiswa ipada imata ipelajaran iDLE ikelas iX iTL i1 idi iSMK iN i3 iYogyakarta imelalui ipenerapan imodel ipembelajaran iTutor iSebaya. i Pendekatan ipenelitian iadalah ipenelitian itindakan ikelas idengan imodel iyang idikembangkan ioleh iKemmis idan iMc iTaggart. iSubjek ipenelitian iadalah isiswa ikelas iX iTL i1 isemester iganjil itahun iakademik i2019/2020 idengan ijumlah i36 isiswa. iPenelitian iyang idilakukan iterdiri idari idua isiklus idengan isatu ikali ipertemuan isetiap isiklusnya. iTeknik ipengumpulan idata imenggunakan iobservasi, ites ihasil ibelajar, idan idokumentasi. iTeknik ianalisis idata imenggunakan ideskriptif ikuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya pada mata pelajaran DLE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TL 1. Rata-rata persentase minat belajar siswa pada siklus I sebesar 69% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,3%. Minat belajar inilah yang dapat menghantarkan pada hasil belajar dengan model pembelajaran tutor teman sebaya. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 60% dan menjadi 80% pada siklus II. Sehingga pada pra siklus ke siklus I meningkat 10% dan pada siklus I ke siklus II meningkat 20 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Dec 2019 01:30
Last Modified: 03 Dec 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66819

Actions (login required)

View Item View Item