PENGEMBANGAN DRONE PEMANTAU KAWASAN GUNUNG BERAPI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR GPS DAN KAMERA PADA MATAKULIAH KENDALI DAN AKUISISI DATA

Bahri, Samsudin (2019) PENGEMBANGAN DRONE PEMANTAU KAWASAN GUNUNG BERAPI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR GPS DAN KAMERA PADA MATAKULIAH KENDALI DAN AKUISISI DATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengembangan drone pemantau gunung berapi sebagai media pembelajaran sensor GPS dan kamera pada mata kuliah praktik kendali dan akuisisi data, (2) mengetahui unjuk kerja pengembangan drone pemantau gunung berapi sebagai media pembelajaran sensor GPS dan kamera pada mata kuliah praktik kendali dan akuisisj data, (3) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan drone pemantau gunung berapi sebagai media pembelajaran sensor GPS dan kamera pada mata kuliah praktik kendali dan akuisisi data ditinjau dari ahli media, ahli materi dan pengguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model penelitian ADDIE yang dipopulerkan oleh Lee dan Owens yaitu Analysis, Desain, Development and Implementation, Evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner/angket dengan skala linkert 4 pilihan, yaitu SS (Sangat Setuju), S (Setuju), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Hasil dari angket akan di akumulasikan dan dijadikan patokan untuk memperoleh data kelayakan dari pengembangan drone pemantau gunung berapi. Hasil dari penelitian diperoleh (1) pengembangan drone pemantau gunung berapi dengan sensor GPS dan kamera menggunakan model pengembangan metode ADDIE dari Lee dan Owens, (2) hasil uji respon drone dengan remote control dan sensor menunjukkan bahwa sensor GPS dapat mengirimkan data longitude dan latitude, sedangkan sensor kamera dapat mengirimkan gambar secara real time, (3) penilaian uji kelayak dari ahli media dengan aspek penilaian edukatif, fungsi & desain dan pengoperasian mendapatkan skor 90,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilain ahli materi dengan aspek kualitas isi & materi, kualitas pembelajaran, dan bahasa mendapatkan skor 88,8% dan termasuk kategori “Sangat layak”. Penilaian dari pengguna dengan aspek penilaian kualitas isi & tujuan, penggunaan, kualitas pembelajaran mendapatkan skor 79,7% termasuk kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Drone pemantau gunung, GPS, Kamera
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:42
Last Modified: 02 Dec 2019 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66818

Actions (login required)

View Item View Item