Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik dalam Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Fleksibilitas Representasi Matematis Siswa

Novianti, Metia and Karyati, Karyati (2019) Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik dalam Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Fleksibilitas Representasi Matematis Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran matematika dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas representasi matematis; (2) pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran matematika dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik dan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 selama bulan April sampai Mei 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Efektivitas pembelajaran dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik menggunakan uji one sample t-test. Perbedaan keefektifan kedua pembelajaran diukur menggunakan uji MANOVA dengan uji Hotelling's Trace dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas representasi matematis siswa; 2) pembelajaran matematika dengan strategi heuristik dalam pendekatan saintifik lebih efektif dari pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan fleksibilitas representasi matematis siswa. Kata Kunci : strategi heuristik, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis, fleksibilitas representasi matematis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:32
Last Modified: 28 Nov 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66796

Actions (login required)

View Item View Item