Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Teori Belajar Gagne yang Berorientasi Pada Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Kelas VII

Trihatun, Sehar and Jailani, Jailani (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Teori Belajar Gagne yang Berorientasi Pada Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bilangan berdasarkan teori belajar Gagne yang berorientasi pada kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa SMP kelas VII yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Ukuran kelayakan produk pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Tahap-tahap yang dilakukan meliputi (1) analisis (analysis) kebutuhan dan perumusan tujuan; (2) Perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan kerangka kerja produk dan penyusunan instrumen; (3) Pengembangan (development) berupa uji validasi ahli dan revisi produk; (4) Implementasi (Implementation) atau uji coba; (5) Evaluasi (Evaluation) berupa analisis hasil uji coba. Subjek uji coba yaitu 30 siswa kelas VII C dan salah satu guru matematika SMP di Brebes. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, soal tes koneksi matematis, angket self-efficacy, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kepraktisan guru, dan lembar penilaian kepraktisan siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor yang diberikan oleh validator, skor penilaian guru dan siswa, skor keterlaksanaan pembelajaran, skor tes koneksi matematis dan angket self-efficacy. Data kualitatif diperoleh dari hasil konversi atas data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran bilangan SMP kelas VII berdasarkan teori belajar Gagne berupa RPP dan LKS yang berorientasi pada kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy, layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif. Kata kunci: perangkat pembelajaran, teori belajar Gagne, koneksi matematis, selfefficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:47
Last Modified: 26 Nov 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66781

Actions (login required)

View Item View Item