Pengaruh Lift The Flap Story Book Berbasis Ramah Anak Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Irasari, Sera Puspita and Ismaniati, Christina (2019) Pengaruh Lift The Flap Story Book Berbasis Ramah Anak Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anakterhadap kemampuan koneksi matematis, 2) pengaruh penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak terhadap self efficacy, 3) pengunaan buku lift the flap story book berbasis ramah anak yang lebih berpengaruh dibandingkan buku ESPS Erlangga dan Mari Belajar Matematika terhadap kemampuan koneksi matematis dan self efficacy. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu desain nonequivalentpretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri di KecamatanPadamara. Sampel penelitian ini berjumlah 76 siswa, terdiri dari 31 siswa kelas IV di SDN 2 Bojanegara sebagai kelas eksperimen I; 21 siswa kelas IV di SDN 2 Karangsentul sebagai kelas eksperimen II; dan 24 siswa kelas IV di SDN 1 Karanggambas sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data terdiri dari tes koneksi matematis berupa uraian dan skala self efficacy. Validasi yang digunakan berupa validasi konten melalui expert judgment dan validasi empirik melalui uji validitas. Hasil validasi menunjukkan instrumen bersifat valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis uji paired-samples t-test untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan, MANOVA untuk melihat pengaruh penggunaan buku, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anakberpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis, 2) penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak berpengaruh terhadap self efficacy, 3) penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak lebih berpengaruh dibandingkan buku ESPS Erlangga dan buku Mari Belajar Matematika terhadap kemampuan koneksi matematis dan self efficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lift the flap story book, ramah anak, kemampuan koneksi matematis, self efficacy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2019 01:44
Last Modified: 15 Nov 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66683

Actions (login required)

View Item View Item