Pengembangan Reflective module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Muntilan.

Pravitasari, Irma and Suhardi, Suhardi (2019) Pengembangan Reflective module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Muntilan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan reflective module berbasis child friendly school yang layak dan (2) mengetahui keefektifan reflective module yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD di Kecamatan Muntilan. Reflective module berbasis child friendly school dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, skala dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara guru dan siswa, lembar angket analisis kebutuhan guru dan siswa, skala penilaian ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan siswa, lembar soal tes kemampuan literasi budaya dan skala karakter cinta tanah air. Analisis kelayakan reflective module menggunakan konversi skor dalam empat kategori kuantitatif. Analisis keefektifan reflective module dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya dan karakter cinta tanah air dianalisis dengan skor n-gain, uji t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Hasil uji kelayakan reflective module oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan penilaian dalam kategori “Sangat Layak” begitu pula dengan hasil uji kelayakan berdasarkan respon guru dan siswa mendapatkan penilaian dalam kategori “Sangat Layak”. (2) Hasil uji keefektifan reflective module berdasarkan analisis skor n-gain menunjukkan bahwa skor n-gain kemampuan literasi budaya dan karakter cinta tanah air di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa reflective module yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD di Kecamatan Muntilan secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: child friendly school, cinta tanah air, literasi budaya, reflective module,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:09
Last Modified: 13 Nov 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66657

Actions (login required)

View Item View Item