Efektivitas Strategi the Power of Two terhadap Kecakapan Critical Thinking Siswa SMA Kelas XI MIPA

Putri, Riana and Ghufron, Anik (2019) Efektivitas Strategi the Power of Two terhadap Kecakapan Critical Thinking Siswa SMA Kelas XI MIPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui efektivitas strategi the power of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2) mengetahui efektivitas strategi the power of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) mengetahui interaksi efektivitas penggunaan strategi the power of two terhadap kecakapan critical thinking peserta didik pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design menggunakan pretest-possttest, non equivalent control group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di sekolah dengan kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA SMA N 2 Bantul, SMA N 1 Sewon, dan SMA N 1 Bambanglipuro pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling terpilih 2 kelas pada masing-masing sekolah. Selanjutnya, responden dikelompokkan menjadi dua kelompok secara acak. Kelas XI MIPA 4, XI MIPA 6, dan XI MIPA 1 diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan strategi the power of two sebagai kelas eksperimen. XI MIPA 6, XI MIPA 4, dan XI MIPA 3 diberi perlakuan dengan pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kecakapan critical thinking. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2) pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada interaksi efektivitas penggunaan strategi the power of two baik digunakan pada kelompok peserta didik di sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah terhadap kecakapan critical thinking. Kata Kunci: Kecakapan critical thinking, strategi the power of two, strategi pembelajaran aktif, dan sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:49
Last Modified: 12 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66633

Actions (login required)

View Item View Item