Evektivitas Pemberian Reward Token Ekonomi dan Hadiah Langsung Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Perilaku Disiplin Siswa Kelas II Reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Basuki, Basuki and Wangid, Muhammad Nur (2019) Evektivitas Pemberian Reward Token Ekonomi dan Hadiah Langsung Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Perilaku Disiplin Siswa Kelas II Reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian reward token ekonomi dan Hadiah langsung terhadap: (1) motivasi belajar dan (2) perilaku disiplin siswa kelas II reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis quasi exsperiment dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan pada semua siswa kelas II reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Kelompok eksperimen reward token ekonomi adalah kelas 2 Al Farabi dan kelas 2 Abu Raihan dengan jumlah siswa 72 anak, sedangkan kelas kontrol hadiah langsung adalah kelas 2 Al Misri dan kelas 2 Al kirmani dengan jumlah siswa 72 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (t test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemberian reward token ekonomi efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan perilaku disiplin siswa kelas II reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung yang diperoleh pada motivasi siswa sebesar 24,333 ditunjukkan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan rerata post-test lebih besar 29,847 dibanding rerata pre test. Nilai t hitung yang diperoleh pada perilaku disiplin siswa sebesar 19,628 ditunjukkan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan rerata post test lebih besar 24,458 dibanding rerata pre-test. (2) Pemberian hadiah langsung terbukti efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan perilaku disiplin siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung yang diperoleh pada motivasi belajar siswa sebesar 11,423 ditunjukkan dengan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan rerata post- test lebih besar 14,917 dibanding rerata pre-test. Nlai t hitung yang diperoleh pada perilaku disiplin siswa sebesar 9,963 ditunjukkan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan rerata post-test lebih besar 11,194 dibanding rerata pre-test. (3) Pemberian reward token ekonomi terbukti lebih efektif dibanding hadiah langsung terhadap peningkatan motivasi belajar dan perilaku disiplin siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung yang diperoleh pada motivasi belajar siswa sebesar 8,334 ditunjukkan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan selisih rerata nilai post-test lebih besar 14,931 dibanding rerata pre-test. Nilai t hitung yang diperoleh pada perilaku disiplin siswa sebesar 7,905 ditunjukkan dengan nilai α= 0,000 (p<0,05), dan rerata post-test lebih besar yaitu 13,264 dibanding rerata pre-test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward token ekonomi lebih efektif dibanding pemberian hadiah langsung terhadap peningkatan motivasi belajar dan perilaku disiplin siswa kelas II reguler SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, perilaku disiplin, hadiah langsung, dan reward token ekonomi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:46
Last Modified: 12 Nov 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66621

Actions (login required)

View Item View Item