Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sedabin 1 Kedung, Kabupaten Jepara.

Purnamasari, Atik Afiyati and Marsigit, Marsigit (2019) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sedabin 1 Kedung, Kabupaten Jepara. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IVpdf.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sedabin 1 Kedung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan Pretest Posttest Nonequivalent Group Desain.populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sedabin 1 Kedung. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dari 3 sekolah yaitu SDN Kedung 1 sebanyak 22 siswa (kelas eksperimen 1), SDN Kedung 2 sebanyak 22 siswa (kelas kontrol), dan SDN Surodadi 2 sebanyak 22 siswa(kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket motivasi untuk motivasi belajar dan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial uji independent sample F test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran jigsaw lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) pembelajaran matematika yeng menggunakan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan pembelajaran matematika menggunakan jigsaw lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: numbered head together, jigsaw, motivasi belajar,dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:13
Last Modified: 12 Nov 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66616

Actions (login required)

View Item View Item