Ginting, Lea Christina Br and Ismaniati, Christina (2019) Pengembangan Komik Pembelajaran Peduli dan Tanggung Jawab pada anak di Daerah Relokasi Sinabung Tanah Karo. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media komik pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab yang layak pada anak di daerah relokasi gunung Sinabung dan (2) mengetahui efektivitas komik pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab pada anak di daerah relokasi gunung Sinabung. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Dari 10 langkah prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall, penelitian ini hanya sampai pada langkah ke sembilan. Kesembilan langkah tersebut meliputi: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji lapangan awal), (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional (8) uji operasional, (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba kelompok kecil melibatkan 6 anak usia 9-12 tahun di relokasi. Subjek uji coba lapangan melibatkan 20 orang anak usia 6-12 tahun di relokasi. Uji efektivitas melibatkan 23 anak usia 9-12 tahun di relokasi Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket penilaian materi dan media, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk komik pembelajaran cetak yang layak untuk anak di relokasi. Komik Pembelajaran yang dikembangkan digunakan untuk mengembangkan karakter peduli dan tanggung jawab anak di daerah Relokasi Sinabung. Pertama, hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan bahwa komik pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan skor 3,88 dari segi media dan perolehan skor 3,61 dari segi materi. Penilaian tersebut termasuk kedalam kriteria “sangat layak”. Kedua, komik pembelajaran ini efektif digunakan dalam pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar anak dilihat dari peningkatan hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh berdasarkan nilai N-gain yaitu sebesar 0,63 atau termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik pembelajaran, karakter, peduli, tanggung jawab |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 03:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 03:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66558 |
Actions (login required)
View Item |