PENGEMBANGAN TRAINER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERBAIKAN DASAR PERALATAN LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XII DI SMK N 1 PUNDONG

Dzularief, Aji (2019) PENGEMBANGAN TRAINER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERBAIKAN DASAR PERALATAN LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XII DI SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Trainer Perbaikan Dasar Peralatan Listrik yang sesuai untuk mata pelajaran Perbaikan Dasar Peralatan Listrik untuk siswa kelas XII di SMK N 1 Pundong; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer Perbaikan Dasar Peralatan Listrik untuk mata pelajaran Perbaikan Dasar Peralatan Listrik siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 1 Pundong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Pundong dengan subjek penelitian kelas XII jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan guru jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta mengetahui respons pada pengguna akhir yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan trainer sebagai media pembelajaran yang terdiri dari trainer setrika, trainer kompor listrik, trainer penanak nasi, trainer pemanggang roti dan trainer dispenser. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 77,5 dari skor rerata maksimal sebesar 92 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 84 dari skor rerata maksimal sebesar 96 dengan kategori ”sangat layak”. Hasil penilaian oleh guru sebagai pengguna memperoleh rerata skor sebesar 91,5 dari skor rerata maksimal sebesar 96 dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian oleh siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor sebesar 80,1 dari skor rerata maksimal sebesar 96 sehingga termasuk kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Trainer, Perbaikan Dasar Peralatan Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:25
Last Modified: 07 Nov 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66554

Actions (login required)

View Item View Item