Pengaruh Penerapan Metode Sing, Sign And Play Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Seni Musik Siswa Kelas III Sd Islam Al-Falah Kota Jambi

Ulfa, Rhesti Laila and Machfauzia, Ayu Niza (2019) Pengaruh Penerapan Metode Sing, Sign And Play Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Seni Musik Siswa Kelas III Sd Islam Al-Falah Kota Jambi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Sing, Sign And Play dalam pembelajaranseni musik terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD ISlama Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi Experiment. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttes Control Group Design dengan satu kelompok Experiment dan satu kelompok control. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Al-Falah Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dimana kelas III A sebagai kelompok Experiment sebanyak 28 siswa dan kelas III B sebagai kelompok control sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar seni musik dan soal tes pemahaman notasi dan ritmik musik yang menentukan hasil belajar seni musik. Validasi instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha. Data penelitian dianalisis secara multivarian menggunkan uji Manova. Adapun uji prasyarat analisis yan digunkan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas multivarian menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Sing, Sign and Play dalam pembelajaran seni musik terhadap minat belajar dan hasil belajar seni musik siswa kelas 3 SD Islam Al-Falah Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Manova dua jalur pada variabel minat belajar diperoleh nilai Fhitung sebesar 337,608 dan p = 0,000<0,05; dan variabel hasil belajar diperoleh nilai Fhitung sebesar 207,962 dan p = 0,000<0,05. Kata kunci: Metode Sing, Sign And Play, Pembelajaran Seni Musik, Minat, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:56
Last Modified: 04 Nov 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66515

Actions (login required)

View Item View Item