PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK ANALOG BERBASIS ANDROID DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Safitri, Ema (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK ANALOG BERBASIS ANDROID DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran penggunaan alat ukur listrik analog berbasis android di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran penggunaan alat ukur listrik analog berbasis android di SMK; dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran penggunaan alat ukur listrik analog berbasis android di SMK. Peneletian ini menggunakan model Research and Development (R&D) untuk pembelajaran berbasis android dengan model pengembangan gabungan antara ADDIE dan waterfall. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Audio Video (TAV) A SMK Negeri 1 Pundong dengan total 33 dari 36 siswa. Data penilaian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil uji validitas instrumen tes ditinjau dari korelasi pearson product moment dengan signifikansi 0,05 sebesar 0,361 dengan 19 soal dikateogrikan valid. Uji reliabilitas instrumen tes ditinjau dari nilai Alpha Cronbach sebesar 0,813. Data dianalisis dengan deskriptif, uji t dependen atau paired sample t test, dan uji gain. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) unjuk kerja produk aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk pengenalan penggunaan alat ukur listrik analog termasuk dalam kategori “Sangat Baik”; (2) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari penilaian ahli materi adalah “Sangat Layak” dengan nilai indeks Aiken dikategorikan “Tinggi”; ditinjau dari penilaian ahli media adalah “Layak” dengan nilai indeks Aiken dikategorikan “Sedang”, dan ditinjau dari penilaian respons siswa adalah “Layak”; dan (3) efektivitas media pembelajaran penggunaan alat ukur listrik analog berbasis android di Sekolah Menengah Kejuruan adalah “Sedang” ditinjau dari uji t dependen dengan perolehan nilai signifikansi 0.00<0.05 dan nilai rerata hasil uji gain sebesar 0,57.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Ukur Listrik Analog, pembelajaran Jigsaw
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:03
Last Modified: 04 Nov 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66507

Actions (login required)

View Item View Item