Sani, Annisaa Mutiara (2019) PENGARUH PENGGUNAAN COOKING VIDEO DI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan media cooking video di Youtube pada siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery, (2) motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery, (3) pengaruh cooking video di Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang dilaksanakan dari bulan Juli 2018 - Agustus 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Tata Boga di SMK Negeri 1 Sewon Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 187 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan menggunakan tabel Isaac Michael dan taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 126 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan Skala Likert. Uji validitas isi menggunakan rumus Product Moment menunjukkan bahwa 35 butir soal valid dari 38 butir soal. Adapun pada uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha dengan nilai 0,618 dan 0,685 menunjukkan bahwa instrumen reliabel. Persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji linieritas data menggunakan uji F. Hipotesis diuji dengan uji korelasi Product Moment menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media Cooking Video dari Youtube pada siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery pada katagori tinggi sebanyak 51,6% dan rendah sebanyak 48,4%, (2) Motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery pada kategori tinggi sebanyak 93,7%, dan pada kategori rendah 6,3%, (3) terdapat pengaruh positif penggunaan Cooking Video di YouTube terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,359 dengan koefisien determinasi (r2) 0,128 yang berarti Cooking Video di YouTube memberikan pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooking video, YouTube, tata boga, motivasi belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 02:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66466 |
Actions (login required)
View Item |