PENGARUH PENGGUNAAN COOKING VIDEO DI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON

Sani, Annisaa Mutiara (2019) PENGARUH PENGGUNAAN COOKING VIDEO DI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan media cooking video di Youtube pada siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery, (2) motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery, (3) pengaruh cooking video di Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang dilaksanakan dari bulan Juli 2018 - Agustus 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Tata Boga di SMK Negeri 1 Sewon Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 187 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan menggunakan tabel Isaac Michael dan taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 126 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan Skala Likert. Uji validitas isi menggunakan rumus Product Moment menunjukkan bahwa 35 butir soal valid dari 38 butir soal. Adapun pada uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha dengan nilai 0,618 dan 0,685 menunjukkan bahwa instrumen reliabel. Persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji linieritas data menggunakan uji F. Hipotesis diuji dengan uji korelasi Product Moment menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media Cooking Video dari Youtube pada siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery pada katagori tinggi sebanyak 51,6% dan rendah sebanyak 48,4%, (2) Motivasi belajar siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pastry dan Bakery pada kategori tinggi sebanyak 93,7%, dan pada kategori rendah 6,3%, (3) terdapat pengaruh positif penggunaan Cooking Video di YouTube terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,359 dengan koefisien determinasi (r2) 0,128 yang berarti Cooking Video di YouTube memberikan pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooking video, YouTube, tata boga, motivasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:23
Last Modified: 31 Oct 2019 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66466

Actions (login required)

View Item View Item