PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MINAT BELAJAR, KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 YOGYAKARTA

Pambudi, Agdian Eka (2019) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MINAT BELAJAR, KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan gawai, minat belajar, karakter dan hasil belajar; (2) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta; (3) pengaruh penggunaan gawai terhadap karakter siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta; (4) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas X Pogram Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMKN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta sebanyak 112 siswa dengan menggunakan teknik sampel kuota sehingga jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil kecenderungan variabel penggunaan gawai masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 41,64 ), variabel minat belajar masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 39,92), variabel karakter masuk pada kategori tinggi (nilai rerata 48,90); (2) pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,410 serta nilai sig 0,001 < 0,05; (3) pengaruh penggunaan gawai terhadap karakter adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,421 serta nialai sig 0,001 < 0,05; (4) pengaruh penggunaan gawai terhadap hasil belajar adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,340 serta nialai sig 0,007 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penggunaan gawai, minat belajar, karakter dan hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:16
Last Modified: 31 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66463

Actions (login required)

View Item View Item