PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 WONOSARI

Nurmansyah, Amin (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa, serta mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. Variabel yang dibandingkan adalah nilai prestasi belajar siswa dan tingkat motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Otomotif pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan semester gasal di SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Otomotif SMK N 2 Wonosari yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengisian angket. Uji validasi instrumen menggunakan validasi konstruk dan validasi isi yang dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi. Uji prasyarat analis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian pertama yang berbunyi “Prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning” diterima, hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,621 ˃ ttabel = 2,001), dengan demikian model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Nlai rata-rata prestasi belajar kelas PBL sebesar 78,34 dan kelas Snowball Throwing sebesar 83,61. Untuk hipotesis penelitian kedua yang berbunyi ”Motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning” ditolak, dari perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel (thitung = 1,467 ˂ ttabel = 2,001). Dengan demikian model pembelajaran Snowball Throwing tidak berpengaruh positif terhadap tingkat motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata tingkat motivasi belajar kelas PBL sebesar 75,40 dan kelas Snowball Throwing sebesar 72,68.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Snowball Throwing, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:00
Last Modified: 30 Oct 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66417

Actions (login required)

View Item View Item