Muhyidin, Andri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cover-Revisi.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf_1 Download (406kB) |
||
Text
BAB I.pdf_1 Download (82kB) |
||
Text
BAB II.pdf_1 Download (615kB) |
||
Text
BAB III.pdf_1 Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf_1 Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf_1 Download (89kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf_1 Download (79kB) |
||
Text
Lampiran.pdf_1 Download (7MB) |
Abstract
Peran Humas dalam Perguruan Tinggi diantaranya adalah melakukan sosialisasi dan berinteraksi dengan publiknya. Beberapa permasalahan dalam pelayanan Humas UNY di antaranya adalah kurangnya ketepatan waktu dan efisiensi dalam menjawab pertanyaan, serta banyak pertanyaan diluar kewenangan humas, sehingga tidak dapat direspon dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media komunikasi kehumasan berbasis chatbot yang mampu mengatasi keterbatasan pelayanan dalam berinteraksi dan memberikan informasi seputar kampus UNY kepada publiknya, (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan model ISO/IEC 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan software Agile:Scrum yang melakukan perulangan bertahap terhadap Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu planning, analysis & design, development, testing, dan deployment. Pengujian menggunakan standar ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability, performance efficiency, portability, usability, reliability, dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media komunikasi kehumasan berbasis chatbot bernama UNYSA sebagai layanan informasi seputar kampus UNY, (2) UNYSA telah memenuhi standar kualitas ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability: ahli pengembangan software sebesar 0,86 (sebagian besar fitur berhasil diimplementasikan), validasi materi sebesar 98,82% (Sangat Layak), UAT sebesar 83,95% (Sangat Baik); performance efficiency memiliki response latency sebesar 15 ms (lebih cepat dibandingkan kecepatan standar: 2 s); portability sebesar 100% (mendukung seluruh frontend apps yang direncanakan); usability sebesar 83,81% (Sangat Layak), nilai cronbach’s alpha sebesar 0,92 (Excellent); reliability sebesar 92% (Sangat Layak), dan maintainability dengan maintainability index sebesar 83,21 (sangat mudah dirawat), cyclomatic complexity sebesar 3,25 (program beresiko rendah).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humas, Media Komunikasi, Chatbot, Scrum, ISO 25010 |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:54 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66367 |
Actions (login required)
View Item |