PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhyidin, Andri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Revisi.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf_1

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf_1

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.pdf_1

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf_1

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf_1

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf_1

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf_1

Download (79kB)
[img] Text
Lampiran.pdf_1

Download (7MB)

Abstract

Peran Humas dalam Perguruan Tinggi diantaranya adalah melakukan sosialisasi dan berinteraksi dengan publiknya. Beberapa permasalahan dalam pelayanan Humas UNY di antaranya adalah kurangnya ketepatan waktu dan efisiensi dalam menjawab pertanyaan, serta banyak pertanyaan diluar kewenangan humas, sehingga tidak dapat direspon dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media komunikasi kehumasan berbasis chatbot yang mampu mengatasi keterbatasan pelayanan dalam berinteraksi dan memberikan informasi seputar kampus UNY kepada publiknya, (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan model ISO/IEC 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan software Agile:Scrum yang melakukan perulangan bertahap terhadap Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu planning, analysis & design, development, testing, dan deployment. Pengujian menggunakan standar ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability, performance efficiency, portability, usability, reliability, dan maintainability. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media komunikasi kehumasan berbasis chatbot bernama UNYSA sebagai layanan informasi seputar kampus UNY, (2) UNYSA telah memenuhi standar kualitas ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability: ahli pengembangan software sebesar 0,86 (sebagian besar fitur berhasil diimplementasikan), validasi materi sebesar 98,82% (Sangat Layak), UAT sebesar 83,95% (Sangat Baik); performance efficiency memiliki response latency sebesar 15 ms (lebih cepat dibandingkan kecepatan standar: 2 s); portability sebesar 100% (mendukung seluruh frontend apps yang direncanakan); usability sebesar 83,81% (Sangat Layak), nilai cronbach’s alpha sebesar 0,92 (Excellent); reliability sebesar 92% (Sangat Layak), dan maintainability dengan maintainability index sebesar 83,21 (sangat mudah dirawat), cyclomatic complexity sebesar 3,25 (program beresiko rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Humas, Media Komunikasi, Chatbot, Scrum, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:54
Last Modified: 25 Oct 2019 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66367

Actions (login required)

View Item View Item