PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PENGUKURAN TANAH UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Saputra, Erwin Itsnan (2019) PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PENGUKURAN TANAH UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran teknik pengukuran tanah untuk Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan. (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul sebagai sumber belajar Teknik Pengukuran Tanah oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) yang mengacu model penelitian dan pengembangan 4D terdiri empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan guru Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 1 Pajangan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19-21 September 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan skala likert dalam 4 kategori kelayakan. Hasil dari penelitian ini berupa Modul Mata Pelajaran Teknik Pengukuran Tanah kelas X. Tahap define terdapat lima kegiatan yaitu front and analysis, learner analysis, task analysis, concept dan specifiying intructional objectives. Tahap design terbagi empat kegiatan yaitu constructing criterion reforenced test, media selection, format selection dan initial design. Tahap develop, terdapat 3 kegiatan, analisis kebutuhan modul, validasi produk dan revisi modul. Tahap disseminate terdapat dua kegiatan yaitu packaging dan diffusion and adoption. Hasil kelayakan modul dari ahli materi mendapatkan skor 85% dengan kategori “Sangat layak”. Ahli media mendapatkan skor 96,87% dengan kategori “sangat layak”. Guru Mata Pelajaran mendapatkan skor 85% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, modul, teknik pengukuran tanah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:19
Last Modified: 24 Oct 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66316

Actions (login required)

View Item View Item