Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Amelan, Amelan and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan subject specific pedagogy (SSP) IPA berbasis discovery learning yang valid digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP, (2) mengetahui efektivitas SSP berbasis discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian ini adalah Research & Development (R&D) menggunakan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan meliputi (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi, (5) uji coba terbatas, (6) revisi, (7) uji coba lapangan, (8) revisi, (9) produk utama. Subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, angket, lembar observasi, dan tes. Validasi dilakukan dua ahli. Uji coba terbatas dilakukan kepada 6 siswa. Uji coba lapangan dengan Non-equivalen Control Group Pre-test Post-tset Design yang melibatkan 34 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji Manova dengan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subject spesific pedagogy (SSP) IPA berbasis discovery learning yang dikembangkan valid digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VII, (2) subject specific pedagogy (SSP) berbasis discovery learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Kata kunci: subject specific pedagogy, discovery learning, prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, keterampilan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:01
Last Modified: 23 Oct 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66292

Actions (login required)

View Item View Item