Amelan, Amelan and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (818kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan subject specific pedagogy (SSP) IPA berbasis discovery learning yang valid digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP, (2) mengetahui efektivitas SSP berbasis discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian ini adalah Research & Development (R&D) menggunakan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan meliputi (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi, (5) uji coba terbatas, (6) revisi, (7) uji coba lapangan, (8) revisi, (9) produk utama. Subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, angket, lembar observasi, dan tes. Validasi dilakukan dua ahli. Uji coba terbatas dilakukan kepada 6 siswa. Uji coba lapangan dengan Non-equivalen Control Group Pre-test Post-tset Design yang melibatkan 34 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji Manova dengan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subject spesific pedagogy (SSP) IPA berbasis discovery learning yang dikembangkan valid digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VII, (2) subject specific pedagogy (SSP) berbasis discovery learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Kata kunci: subject specific pedagogy, discovery learning, prestasi belajar kognitif, sikap peduli lingkungan, keterampilan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 04:01 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 04:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66292 |
Actions (login required)
View Item |