Dewi, Nurmala and Sumaryanti, Sumaryanti (2019) Perubahan Perilaku Anak Tuna Laras Dengan Latihan Gerak Yoga yang Diiringi Musik. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (595kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah dengan latihan gerak yoga anak tunalaras menunjukan perubahan prilaku, dan (2) mengetahui dengan proses pendekatan latihan yoga yang di pandu musik merubah prilaku anak tunalaras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) mengacu langkah Martinsons & Kock yang mengembangkan dengan tujuan memperbaiki, merefleksi dengan melalui sebuah tindakan yang berulang-ulang, yang dalam pengulangan mengalami perubahan yang diharapkan anak tunalaras. Desain pengembangan yang digunakan proses dan temuan dilakukan melalui observasi, evaluasi, refleksi, sistematis dan mendalam. Subjek pada penelitian ini adalah anak SD kelas 2, 3, 5. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi penilaian guru, sekala bertingkat, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif dimana penelitian ini menganalisis hasil tindakan anak tunalaras dengan bentuk grafik Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tindakan aktivitas fisik melalui gerak senam yoga dengan menggunakan tempo musik yang keras membuat anak menjadi fokus. Pada saat fokus anak melakukan gerakan yoga dengan menggunakan musik yang memberikan suplemen yang memberikan efek ketengan, relex dan kebahagiaan pada anak. Dengan demikian anak menunjukan sikap menjadi baik, terlihat anak mampu mengatur prilakuknya Kata kunci: Perubahan perilaku, anak tunalaras, gerak yoga, diiringi musik ii ABSTRACT NURMALA DEWI: Changes in the Behavior Disorder among Children with Motion Yoga Motion Exercises. Thesis. Yogyakarta: Graduate Sckool, Yogyakarta State University, 2018. This study aims to: (1) to know whether the yoga exercises of children tunalaras show changes in behavior, and (2) know with the process of yoga practice approach with the music guides can change the behavior disorder of children. This research is an action research referring to the steps of Martinsons & Kock that is develop ed with the aim of improving, reflecting by a repetitive action, which in repetition undergoes the expected change of the tunalaras children. The development design used by the process and the findings was done through systematic and deep observation, and evaluation, reflection,. The subjects in this study were elementary school students in grade 2, 3, 5. Data collection used teacher assessment observation sheets, scale grade, and documentation. Data analysis techniques used qualitative and quantitative analysed where this study analyzes the results of the actions behavior disorder of children with graphic forms. The results of research that show physical action through yoga gymnastics by using the tempo of music that makes children focus. When the child focuses on doing yoga movements by using music that provides supplements that provide the effects of ketengan, relex and happiness in children. Thus the children showed a good attitude, seen children who were able to arrange their behavior.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan perilaku, anak tunalaras, gerak yoga, diiringi musik |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 08:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 08:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66244 |
Actions (login required)
View Item |