PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU

Swulunggani, I Made Dwiana (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Perakitan Komputer berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Komputer dan jaringan Dasar untuk peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sedayu, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Perakitan Komputer berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development mengacu pada model pengembangan Luther-Sutopo, dengan tahapan yakni, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sedayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif melalui teknik presentase. Hasil penelitian ini adalah: (1) modul pembelajaran Perakitan Komputer berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sedayu, (2) kelayakan modul pembelajaran Perakitan Komputer berbasis multimedia interaktif berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,40 dan presentase 85,00%. Berdasarkan ahli media masuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,32 dan presentase 84,58%. Berdasarkan responden masuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 3,48 dan presentase 86,53%. Jadi berdasarkan ahli materi, ahli media, dan responden maka modul pembelajaran Perakitan Komputer berbasis multimedia interaktif ini sangat layak digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sedayu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif, perakitan komputer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:16
Last Modified: 21 Oct 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66232

Actions (login required)

View Item View Item