PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB OFFLINE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SEMESTER I SMK NEGERI 2 DEPOK

Ngadawiyah, Robingah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB OFFLINE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SEMESTER I SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web offline pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok, 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web offline pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) planning (perencanaan), 2) design (desain), 3) development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok sebagai pengguna. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran yang dilakukan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran pemograman dasar bagi siswa kelas X TKJ dengan materi yang digunakan pembelajaran pada semester I, 2) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari: 1) penilaian ahli media adalah “Sangat layak” dengan persentase sebesar 97,37%, 2) penilaian oleh ahli materi adalah “Sangat layak” dengan persentase sebesar 100%, 3) penilaian oleh pengguna adalah “Layak” dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek sebesar 82,50%, 3) tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, bentuk dan fungsi media, tampilan, navigasi, dampak afektif, operasi program, dan informasi tambahan secara mayoritas adalah “Setuju” dengan persentase sebesar 59,03%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, interaktif, web, pemrograman dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:25
Last Modified: 21 Oct 2019 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66227

Actions (login required)

View Item View Item