Safitri, Auliah and Gafur, Abdul (2019) Hubungan Keterlibatan dalam MGMP, Kompetensi Pedagogik, dan Profesional Guru PPKn dengan Hasil Belajar Siswa SMAN Di Kota Malang. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan keterlibatan guru dalam MGMP dengan hasil belajar siswa , 2) hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa, dan 3) hubungan kompetensi profesional guru PPKn dengan hasil belajar siswa SMAN di Kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di 7 SMA Negeri di Kota Malang. Sampel penelitian ini adalah 19 guru PPKn yang ditentukan dengan sampling jenuh dan 354 siswa kelas X dan XI yang ditentukan dengan teknik proportional purposive sampling dengan merujuk pada tabel Krejcie dan Morgan dengan taraf signifikansi 5%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan/pernyataan tertutup dan tes. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 14 guru PPKn dan 50 siswa. Analisis data mengggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan analisis Korelasi Parametrik Dua Variabel untuk mengetahui hubungan variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan guru PPKn dalam MGMP dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,697 > 0,433) dan sig < 0,05 (0,001 < 0,05). (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru PPKn dengan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai r- hitung > r-tabel (0,645 > 0,433) dan sig < 0,05 (0,003 < 0,05). (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PPKn dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung > r-tabel (0,624 > 0,433), sig < 0,05 (0,004 < 0,05). Semua hipotesis menunjukkan hubungan yang kuat karena nilai r-hitung berada di antara nilai 0,60 - 0,799. Kata Kunci: MGMP, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 04:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66195 |
Actions (login required)
View Item |