Keefektifan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi REACT ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Peluang dan Adversity Quotient Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Wardani, Yusrina and Mahmudi, Ali (2019) Keefektifan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi REACT ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Peluang dan Adversity Quotient Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang dan adversity quotient siswa, (2) keefektifan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang dan adversity quotient siswa, dan (3) perbandingan keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi REACT dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang dan adversity quotient siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan sampelnya adalah siswa kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2. Kelas eksperimen XI DPIB 1 diberikan perlakuan pendekatan kontekstual dengan strategi REACT, sedangkan kelas XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol adalah kelas yang menerapkan pendekatan saintifik. Data diperoleh melalui instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep dan angket adversity quotient. Validitas isi dilakukan terhadap kedua instrumen. Koefisien reliabilitas instrumen tes kemampuan pemahaman konsep adalah 0,706, sedangkan koefisien reliabilitas instrumen angket adversity quotient siswa adalah 0,760. Deskripsi keefektifan kedua pendekatan pembelajaran diperoleh melalui uji one sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Uji perbandingan keefektifan pendekatan pembelajaran dianalisis menggunakan uji MANOVA (T-Hotelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dengan strategi REACT efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang tetapi tidak efektif ditinjau dari adversity quotient siswa; pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang tetapi tidak efektif ditinjau dari adversity quotient siswa, dan hasil analisis perbandingan keefektifan pendekatan pembelajaran menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan kontekstual dengan strategi REACT dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep peluang dan adversity quotient siswa. Kata Kunci: REACT, Saintifik, Pemahaman Konsep, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:31
Last Modified: 17 Oct 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66194

Actions (login required)

View Item View Item