Hayati, Rahma and Setyaningrum, Wahyu (2019) Pengaruh Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh flipped classroom dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep dan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Depok Sleman tahun ajaran 2018/2019. Dari enam kelas populasi, dipilih dua kelompok siswa secara acak yaitu VIII B dan VIII C sebagai kelas sampel. Kelas VIII C merupakan kelas eksperimen dengan pelaksanaan penerapan pembelajaran flipped classroom dan kelas VIII B merupakan kelas kontrol dengan pelaksanaan pembelajaran tanpa flipped classroom. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes pemahaman konsep pilihan ganda serta essay dan angket self efficacy, dimana mempunyai tingkat relibilitas berturut-turut 0,663, 0,653 dan 0,954. Untuk melihat pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap pemhaman konsep dan self efficacy siswa digunakan uji statistik Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Sedangkan untuk menentukan variabel mana saja yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan digunakan independent sample T-test. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan flipped classroom terhadap pemahaman konsep dan self efficacy siswa pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Depok Sleman. Sedangkan hasil secara parsial terhadap masing-masing variabel pemahaman konsep dan self efficacy menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom tidak lebih unggul dibandingkan dengan tanpa penerapan flipped classroom. Hal ini diduga disebabkan karena berbagai alasan yang terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor teknis dan faktor non-teknis. Namun jika ditinjau lebih jauh, berdasarkan uji statistik anova dua jalur menunjukkan hasil bahwa penerapan flipped classroom berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa yang berkemampuan baik, namun tidak berpengaruh positif terhadap siswa yang kinerjanya buruk. Kata kunci: flipped classroom, pemahaman konsep, self efficacy, lingkaran, matematika
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pasca Sarjana |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 17 Oct 2019 01:46 |
| Last Modified: | 17 Oct 2019 01:46 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
