Analisis Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Praktik Pembelajaran Guru Matematika SMP di Kabupaten Kupang

Nenabu, Jeanete Yoan and Sugiman, Sugiman (2019) Analisis Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Praktik Pembelajaran Guru Matematika SMP di Kabupaten Kupang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pedagogical content knowledge, dan 2) kemampuan praktik pembelajaran guru matematika SMP di Kabupaten Kupang Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini didesain menjadi dua tahap, terdiri dari: tahap satu berupa tes, tahap dua berupa video observasi pembelajaran dan wawancara. Pada tahap satu digunakan pendekatan kuantitatif sedangkan pada tahap dua digunakan pendekatan kualitatif sehingga dapat memperoleh gambaran yang lengkap mengenai PCK guru. Populasi dalam penelitian ini adalah 147 orang guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kupang. Sampel penelitian pada tahap pertama diambil menggunakan teknik purposive random sampling dengan pertimbangan letak geografis. Sampel penelitian pada tahap satu adalah 66 orang guru matematika SMP di Kabupaten Kupang. Pada tahap dua, pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Data diambil berdasarkan hasil kategorisasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada tahap pertama, yaitu kategori PCK tinggi, kategori PCK sedang dan kategori PCK rendah. Pada setiap kategori diambil secara acak satu orang guru untuk kemudian diobservasi lebih lanjut dengan tujuan mengetahui kemampuan praktik pembelajarannya. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pedagogical content knowledge (PCK) yang dimiliki oleh guru matematika SMP di Kabupaten Kupang berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 48%, kategori tinggi dengan persentase 33% dan kategori sedang dengan persentase 18%; 2) secara umum guru memiliki pengetahuan yang baik mengenai pemikiran siswa, kemampuan siswa, maupun miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, pengetahuan guru dalam mengatasi miskonsepsi siswa juga masuk dalam kategori baik; 3) rata-rata persentase pelaksanaan pembelajaran guru adalah 60% (cukup) untuk guru yang mewakili kategori PCK rendah, 77% (baik) untuk guru yang mewakili kategori PCK tinggi dan 74% (baik) untuk guru yang mewakili kategori PCK sedang Kata Kunci: pengetahuan guru, pedagogical content knowledge, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:08
Last Modified: 16 Oct 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66175

Actions (login required)

View Item View Item