Keefektifan Pendekatan Realistik dan Saintifik pada Pembelajaran Program Linear Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Sosial Peserta Didik SMK Akuntansi

Amrina, Lokana Firda and Rosnawati, R. (2019) Keefektifan Pendekatan Realistik dan Saintifik pada Pembelajaran Program Linear Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Sosial Peserta Didik SMK Akuntansi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pendekatan yang efektif pada pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik dan saintifik serta perbedaan efektifitas ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah dan sikap sosial peserta didik di sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent comparison-group design dimana populasi merupakan peserta didik SMK jurusan akuntansi yang belum mempelajari materi program linier dengan menggunakan metode uji titik pojok dan garis selidik. Penelitian dilaksanakan di SMK Tamansiswa Banjarnegara dengan sampel sebanyak dua kelas yang terdiri dari 19 peserta didik di kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas yang diterapkan pendekatan realistik dan 22 peserta didik di kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas yang diterapkan pendekatan saintifik dengan teknik pengambilan sampel secara random. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes prestasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah serta angket sikap sosial. Teknik analisis menggunakan deskriptif dan statistik uji Hotteling’s Trace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pendekatan realistik efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah dan sikap sosial peserta didik SMK jurusan akuntansi, (2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah dan sikap sosial peserta didik SMK jurusan akuntansi, (3) pendekatan matematika realistik lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah dan sikap sosial peserta didik SMK jurusan akuntansi. Pencapaian prestasi belajar matematika dengan pendekatan realistik S , kemampuan pemecahan masalah 67,1% 2 86,32% dengan 32,86x dan 006,69 S dan sikap sosial 68,45% dengan 68,102x dan 2 dengan 21,32x dan 842,53 S . Pencapaian prestasi belajar matematika dengan pendekatan saintifik mencapai 71,82% dengan 82,71x dan 49,377 2 95,177 S kemampuan pemecahan masalah 50,48% dengan 23,24x dan 517,89 S . 2 68,96x dan 132,118 2 2 S dan sikap sosial 65,79% dengan Kata Kunci : Realistik, Saintifik, Prestasi, Pemecahan masalah, Sikap sosial,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:16
Last Modified: 17 Oct 2019 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66168

Actions (login required)

View Item View Item